Pages

MANAJEMEN



SEPUTAR MANAJEMEN
Apa sih…  Manajemen itu?????Ayo kita simak bersama…
Manajemen  berasal dari bahasa inggris ,manageyang berari mengatur,mengurus dan mengelola.
Ø 4 Definisi Manajemen
*   Manajemen sebagai suatu proses
Yaitu merupakan proses pencapaian  hasil yang diinginkan dengan menggunakan sumber daya secara efisien.
*   Manajeman sebagai kolektivitas orang
Diartikan sebagai kumpulan orang yang melakukan aktivitas manajemen .
*   Manajemen sebagai ilmu dan seni
Dikatan sebagai ilmu berfungsi untuk mencapai tujuan yang nyata,menghasilkan  dan bermanfaat. Serta memerlukan displin-displin ilmu pengetahuan.
Dikatakan sebagai  seni  berfungsi mencapai tujuan yang nyata menerangkan fenomena,gejala,kejadian,keadaan yang memberikan penjelasan-penjelasan. Dalam mencapai tujuan di perlukan suatu kerja sama dengan orang lain. Dalam kerja sama tersebut  di perlukan seni untuk mengatur orang lain.
*   Manajemen sebagai profesi
Menunjukan manajemen memiliki bidang pekerjaan  atau keahlian tertentu. Misalnya di bidang hukum,kesehatan,keuangan,dll.



Ø SARANA MANAJEMEN
*   Manusai(Man)
*   Uang(Money)
*   Bahan(Materials)
*   Mesin(Mechines)
*   Metode(Methods)
*   Pasar(Market)
Ø TINGKATAN MANAJEMEN
*   Manajemen Puncak (Top Management)
Bertugas merencanakan kegiatan  dan strategi perusahaan  dan mengarahkan jalannya perusahaan. Ex:CEO(Chief Executive Officer),CIO,CFO.
*   Manajemen Tingkat Menengah(Middle Management)
Bertugas menghubungkan antara manajemen lini pertama dengan manajemen puncak.Ex:kepala bagian,manajer devisi,dan pemimpin proyek.
*   Manajemen LiniPertama(First- Line Management)
Bertugas memimpin dan mengawasi karyawan  nonmanajerial  yang terlibat dalam proses produksi.Ex: Supervisor,mandor,manajer area,manajer dapertemen.
Ø PRINSIP MANAJEMEN
*   Pembagian kerja
*   Wewenang dan tanggung jawab
*   Disiplin
*   Kesatuan perintah
*   Mendahulukan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi
*   Kesatuan arah
*   Penggajian
*   Pemusatan wewenang
*   Rantai saklar
*   Tata tertib
*   Keadilan
*   Pemantapan jabatan
*   Prakarsa
*   Solidaritas
Ø FUNGSI MANAJEMEN
*   Perencanaan(planning)
Menentukan serangkaian tindakan  untuk mencapai tujuan organisasi.
*   Pengorganisasian (Organizing)
·       Membagi pekerjaan,tugas,dan tanggung jawab  yang akan dilakukan.
·       Membentuk susunan jabatan dan peranan dengan pemberian nama
·       Membentk system-sistem kekuasaan dan stsatus formal.
·       Membentuk suatu struktur perusahaan  untuk kelangsungan komunikasi-komunikasi internal.
*   Penggerakan(Actuating)
Proses  menggerakan orang-orang agar mau bekerja  dengan sendirinya atau penuh kesadaran tanpa paksaan  secara bersama-sama.


*   Pengawasan(Controlling)
·       Menetapkan Standard an metode  untk mengukur prestasi.
·       Mengukur prestasi kerja
·       Menentukan standar prestasi kerja yang harus di capai
·       Mengambil tindakan korektif
*   Pengarahan(Directing)
Usaha membimbing,memberikan saran,dan memberikan perintah kepada bawahan dalam melaksanakan tugas,meliputi kepemompinan ,motivasi,komunikasi dan displin.
Ø  BIDANG-BIDANG MANAJEMEN
*    Manajemen Produksi
Merupakan manajemen  yang merencanakan dan mengatur pelaksanaan  produksi  guna mencapai tujuan organisasi.
Kegiatan:- perencanaan(desain)produksi,pengendalian(berkaitan dg persediaan )produksi,serta pengawasan  produksi(berkaitan dg mutu /quality control.
*   Manajemen Pemasaran
Merupakan bidang manajemen yang melakukan  analisis,perencanaan,pelaksanaan,dan pengendalian program yang di rancang untuk menciptakan ,membentuk,dan mempertahankan pertukaran dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.



*   Manajemen Keuangan
Merupakan kegiatan manajemen yang menitikberatkan pada fungsi keuangan dalam mengalokasikan dana secara efesien.
*   Manajemen Personalia
Merupakan bidang manajemen yang menekankan pada terjaganya hubungan antar SDM dalam memberikan kontribusi secara optimal guna mencapai tujuan.
*   Manajemen Administrasi
Merupakan suatu proses manajemen dalam menyelesaikan pekerjaan administrasi   kantor secara efektif dan efesien






SEMOGA BERMANFAAT  YA SOBAT….JJJ










  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar

MANAJEMEN



SEPUTAR MANAJEMEN
Apa sih…  Manajemen itu?????Ayo kita simak bersama…
Manajemen  berasal dari bahasa inggris ,manageyang berari mengatur,mengurus dan mengelola.
Ø 4 Definisi Manajemen
*   Manajemen sebagai suatu proses
Yaitu merupakan proses pencapaian  hasil yang diinginkan dengan menggunakan sumber daya secara efisien.
*   Manajeman sebagai kolektivitas orang
Diartikan sebagai kumpulan orang yang melakukan aktivitas manajemen .
*   Manajemen sebagai ilmu dan seni
Dikatan sebagai ilmu berfungsi untuk mencapai tujuan yang nyata,menghasilkan  dan bermanfaat. Serta memerlukan displin-displin ilmu pengetahuan.
Dikatakan sebagai  seni  berfungsi mencapai tujuan yang nyata menerangkan fenomena,gejala,kejadian,keadaan yang memberikan penjelasan-penjelasan. Dalam mencapai tujuan di perlukan suatu kerja sama dengan orang lain. Dalam kerja sama tersebut  di perlukan seni untuk mengatur orang lain.
*   Manajemen sebagai profesi
Menunjukan manajemen memiliki bidang pekerjaan  atau keahlian tertentu. Misalnya di bidang hukum,kesehatan,keuangan,dll.



Ø SARANA MANAJEMEN
*   Manusai(Man)
*   Uang(Money)
*   Bahan(Materials)
*   Mesin(Mechines)
*   Metode(Methods)
*   Pasar(Market)
Ø TINGKATAN MANAJEMEN
*   Manajemen Puncak (Top Management)
Bertugas merencanakan kegiatan  dan strategi perusahaan  dan mengarahkan jalannya perusahaan. Ex:CEO(Chief Executive Officer),CIO,CFO.
*   Manajemen Tingkat Menengah(Middle Management)
Bertugas menghubungkan antara manajemen lini pertama dengan manajemen puncak.Ex:kepala bagian,manajer devisi,dan pemimpin proyek.
*   Manajemen LiniPertama(First- Line Management)
Bertugas memimpin dan mengawasi karyawan  nonmanajerial  yang terlibat dalam proses produksi.Ex: Supervisor,mandor,manajer area,manajer dapertemen.
Ø PRINSIP MANAJEMEN
*   Pembagian kerja
*   Wewenang dan tanggung jawab
*   Disiplin
*   Kesatuan perintah
*   Mendahulukan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi
*   Kesatuan arah
*   Penggajian
*   Pemusatan wewenang
*   Rantai saklar
*   Tata tertib
*   Keadilan
*   Pemantapan jabatan
*   Prakarsa
*   Solidaritas
Ø FUNGSI MANAJEMEN
*   Perencanaan(planning)
Menentukan serangkaian tindakan  untuk mencapai tujuan organisasi.
*   Pengorganisasian (Organizing)
·       Membagi pekerjaan,tugas,dan tanggung jawab  yang akan dilakukan.
·       Membentuk susunan jabatan dan peranan dengan pemberian nama
·       Membentk system-sistem kekuasaan dan stsatus formal.
·       Membentuk suatu struktur perusahaan  untuk kelangsungan komunikasi-komunikasi internal.
*   Penggerakan(Actuating)
Proses  menggerakan orang-orang agar mau bekerja  dengan sendirinya atau penuh kesadaran tanpa paksaan  secara bersama-sama.


*   Pengawasan(Controlling)
·       Menetapkan Standard an metode  untk mengukur prestasi.
·       Mengukur prestasi kerja
·       Menentukan standar prestasi kerja yang harus di capai
·       Mengambil tindakan korektif
*   Pengarahan(Directing)
Usaha membimbing,memberikan saran,dan memberikan perintah kepada bawahan dalam melaksanakan tugas,meliputi kepemompinan ,motivasi,komunikasi dan displin.
Ø  BIDANG-BIDANG MANAJEMEN
*    Manajemen Produksi
Merupakan manajemen  yang merencanakan dan mengatur pelaksanaan  produksi  guna mencapai tujuan organisasi.
Kegiatan:- perencanaan(desain)produksi,pengendalian(berkaitan dg persediaan )produksi,serta pengawasan  produksi(berkaitan dg mutu /quality control.
*   Manajemen Pemasaran
Merupakan bidang manajemen yang melakukan  analisis,perencanaan,pelaksanaan,dan pengendalian program yang di rancang untuk menciptakan ,membentuk,dan mempertahankan pertukaran dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.



*   Manajemen Keuangan
Merupakan kegiatan manajemen yang menitikberatkan pada fungsi keuangan dalam mengalokasikan dana secara efesien.
*   Manajemen Personalia
Merupakan bidang manajemen yang menekankan pada terjaganya hubungan antar SDM dalam memberikan kontribusi secara optimal guna mencapai tujuan.
*   Manajemen Administrasi
Merupakan suatu proses manajemen dalam menyelesaikan pekerjaan administrasi   kantor secara efektif dan efesien






SEMOGA BERMANFAAT  YA SOBAT….JJJ










0 komentar:

Posting Komentar